Pengembangan Kemampuan Kognitif Dalam Mengklasifikasikan Benda Menggunakan Model Project Based Learning Berbantuan Papan Flannel

Authors

  • Nadia Fadilah Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Lambung Mangkurat, Banjarmasin, Indonesia
  • Ratna Purwanti Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Lambung Mangkurat, Banjarmasin, Indonesia
  • Ahmad Suriansyah Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Lambung Mangkurat, Banjarmasin, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.53398/arraihanah.v5i2.675

Keywords:

Cognitive, Classifying, Project Based Learning Model, Flannel Board

Abstract

The problem in this study is the low activity and cognitive development of children in classifying objects based on shape, color and size in group B of Hidayatullah Barito Kuala Kindergarten. The purpose of this study was to describe teacher activities, children's activities, and analyze the results of children's cognitive development in classifying objects based on shape, color and size. This approach uses a qualitative approach and the type of research is Classroom Action Research (CAR). with 4 meetings. The results showed that teacher activity increased from a score of 17 (category "Quite Good") in meeting 1 to 27 (category "Very Good") in meeting 4. Children's activity increased from 13% (category "Less Active") in meeting 1 to 94% (category "Very Active") in meeting 4. Children's cognitive development in classifying objects increased from 54% in meeting 1 to 100% in meeting 4. Based on the results of the study, it can be concluded that through the Project Based Learning Model, the Demonstration Method with Flannel Board Media can increase teacher activity, children's activity, and children's cognitive development results in Classifying Objects Based on Shape, Color and Size

References

Ababilayka, R. S., & Suriansyah, A. (2023). Mengembangkan Aspek Motorik Halus Anak Menggunakan Model Project Based Learning, Metode Demonstrasi, dan Media Kertas Origami. Gawi: Journal of Action Research, 3(2), 42–50.

Ananda, H., & Agusta, A. R. (2023). Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis dan Kerjasama Menggunakan Model Pelita Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Sosial Dan Konseling, 1(3), 466–494.

Ananta, A. R., & Rahmawati, R. (2022). Pengaruh Penerapan Metode Demonstrasi untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak. Prosiding Lokakarya Pendidikan Islam Anak Usia Dini IAIN Ponorogo, 2, 151–156.

Anggraini, P. D., & Wulandari, S. S. (2021). Analisis penggunaan model pembelajaran project based learning dalam peningkatan keaktifan siswa. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 9(2), 292–299.

Anwar, A. S., & Lapenia, P. (2019). Penerapan model pembelajaran explicit instruction Untuk meningkatkan hasil belajar siswa pokok Bahasan cahaya dan sifatnya pada siswa kelas v di SD Negeri 1 sembawa. Jurnal Lensa Pendas, 4(1), 52–59.

ariyani Lutfi, E. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Papan Flanel Untuk Mengembangkan Kognitif Anak Usia 4-5 Tahun. Kindergarten: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Indonesia, 2(01), 33–45.

Cinantya, C. (2022). Pembelajaran Sains Berbasis Kegiatan Bermain Kreatif di Lingkungan Lahan Basah untuk Mengembangkan Kecerdasan Naturalistik Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 10(3), 449–456.

Cinantya, C., Rafianti, W. R., & Safitri, S. E. (2024). Effectiveness Of Teacher Performance In The Children’s Development Cognitive Aspect. E-CHIEF Journal, 4(2), 38–46.

E Mulyasa. (2017). Strategi Pembelajaran PAUD. PT Remaja Rosdakarya.

Faqihatuddiniyah, F., Syihabuddin, S., & Kosasih, A. (2022). Potret Penanaman Nilai Karakter Anak di TK Bawang Putih. Indonesian Journal of Early Childhood: Jurnal Dunia Anak Usia Dini, 4(2), 516–532.

Fauhah, H., & Rosy, B. (2021). Analisis model pembelajaran make a match terhadap hasil belajar siswa. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 9(2), 321–334.

Harahap, N. (2020). Penelitian kualitatif.

Hasanah, L., & Nurhasanah, A. (2020). Kemampuan membaca permulaan melalui penggunaan media papan flanel anak usia 4-5 tahun. Jurnal Paud Agapedia, 2(1), 12–22.

Iryanti, D. E. (2023). Mengembangkan Kemampuan Mengenal Bentuk, Warna Dan Ukuran Menggunakan Model Problem Based Learning Dan Media Puzzle Shape Pada Anak Usia 4-5 Tahun. Jurnal Inovasi, Kreatifitas Anak Usia Dini (JIKAD), 3(3), 20–31.

Khirawati, U. F. (2022). Peningkatan Kemampuan Operasi Hitung Penjumlahan Melalui Penggunaan Media Papan Flanel Pada Murid Tunagrahita Ringan Kelas Dasar Iii Di Slb Somba Opu Kabupaten Gowa.

Khoirunnisa, K., & Faqihatuddiniyah, F. (2024). Mengembangkan Aspek Perkembangan Bahasa Anak Dalam Mengenal Huruf Menggunakan Kombinasi Mode Problem Based Learning, Make A Match Dan Media Ular Tangga Kelompok A Tk Insan Azkia Banjarmasin. Jurnal Inovasi, Kreatifitas Anak Usia Dini (JIKAD), 4(3), 27–43.

Kusumastuti, N., Putri, V. L., & Wijayanti, A. (2021). Pengembangan media Frueelin untuk meningkatkan perkembangan kognitif anak usia dini. Jurnal Golden Age, 5(01), 155–163.

Mardatila, Y., & Novitawati, N. (2025). Mengenal Lambang Bilangan Melalui Model Problem Based Learning, Metode Demonstrasi Media Monopoli Pintar Pada Anak Kelompok A Tk Al-Munnawarah Banjarmasin. Jurnal Inovasi, Kreatifitas Anak Usia Dini (JIKAD), 5(1).

Maulidha, S., & Purwanti, R. (2023). Mengembangkan Kemampuan Motorik Halus Anak dalam Menggunting Gambar Sesuai Pola Menggunakan Model Project Based Learning, Metode Demonstrasi, dan Media Kertas Warna Bergambar. Gawi: Journal of Action Research, 3(1), 33–41.

Meliani, D., Aslamiah, A., & Shin, I. (2025). Mengembangkan Motivasi, Aktivitas, dan Mengenal Bentuk-bentuk Geometri Menggunakan Kombinasi Model PjBL, Make a Match di Taman Kanak-Kanak. Gawi: Journal of Action Research, 5(1), 42–52.

Monalisa, M., & Maimunah, M. (2024a). Mengembangkan Kemampuan Mengenal Bentuk, Warna Dan Ukuran Menggunakan Model Problem Based Learning Dan Media Papan Kancing Pintar Pada Anak Usia 4-5 Tahun. Jurnal Inovasi, Kreatifitas Anak Usia Dini (JIKAD), 4(2), 32–43.

Monalisa, M., & Maimunah, M. (2024b). Mengembangkan Kemampuan Mengenal Bentuk, Warna Dan Ukuran Menggunakan Model Problem Based Learning Dan Media Papan Kancing Pintar Pada Anak Usia 4-5 Tahun. Jurnal Inovasi, Kreatifitas Anak Usia Dini (JIKAD), 4(2), 32–43.

Mulyati, C., Muiz, D. A., & Rahman, T. (2019). Pengembangan media papan flanel untuk memfasilitasi kemampuan konsep bilangan anak pada kelompok B. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 1(1), 59–68.

Muzdalifah, N., & Faqihatuddiniyah, F. (2023). Mengembangkan Kemampuan Berbahasa Lisan Menggunakan Model Example Non Example, Time Token Dengan Media Papan Tempel Pada Tk Tunas Muda Ii. Jurnal Inovasi, Kreatifitas Anak Usia Dini (JIKAD), 3(3), 9–19.

Ningrum, N. P. W., Pane, F. M. J., & Yani, S. I. (2022). Pendidikan anak usia dini: perannya dalam membangun karakter dan tumbuh kembang anak usia dini. Tematik: Jurnal Penelitian Pendidikan Dasar, 1(1), 59–63.

Ningsyih, S., Hairunisa, H., Fatimah, N., & Ulfa, M. (2022). The effect of the team games tournament model with the traditional game media to train critical thinking ability in elementary school students. Jurnal Pijar Mipa, 17(1), 62–66.

Niqo, H., & Wahyudi, M. D. (2024). Mengembangkan Motorik Halus Anak Dalam Kegiatan Menggunting Melalui Kombinasi Model Project Based Learning Dan Metode Demonstrasi Dengan Media Bahan Bekas Di TK. Jurnal Inovasi, Kreatifitas Anak Usia Dini (JIKAD), 4(2), 1–12.

Novitawati, N. (2021). Mengembangkan Kemampuan Aspek Kognitif Melalui Kombinasi Model Make A Match, Metode Bermain Angka Dan Media Papan Flanel Pada Anak Usia Dini. Jurnal Inovasi, Kreatifitas Anak Usia Dini (JIKAD), 1(1), 25–30.

Novitawati, N., Anggreani, C., & Sakerani, S. (2022). Bimbingan Teknis Perancangan Pembelajaran Steam Bagi Guru Paud. JCES (Journal of Character Education Society), 5(1), 269–275.

Nurhaliza, S., & Wahyudi, M. D. (2025). Mengembangkan Aktivitas Dan Kreativitas Melalui Model Project Based Learning, Metode Demonstrasi, Media Membatik Ecoprint Dan Audio Visual Di TK. Jurnal Inovasi, Kreatifitas Anak Usia Dini (JIKAD), 5(1).

Nur, L., Hafina, A., & Rusmana, N. (2020). Kemampuan kognitif anak usia dini dalam pembelajaran akuatik. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 10(1), 42–50.

Permatasari, N. (2022). Mengembangkan Kemampuan Mengklasifikasikan Benda Menggunakan Kombinasi Model Explicit Instruction, Examples Non Examples dengan Media Konkrit. Jurnal Inovasi, Kreatifitas Anak Usia Dini (JIKAD), 2(1), 1–9.

Permendikbud. (2014). Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini (Vol. 137). Kemendikbud.

Purwanti, R., Aslamiah, A., & Suriansyah, A. (2024). The leadership school principal in the implementation of local character education. International Journal of Social Science and Human Research, 7(07), 4974–4981.

Purwanti, R., & Huljannah, M. (2021). Improving Children’s Cognitive Using The Talking Stick Model And Flanelboard Media In Group B TK Pertiwi. E-CHIEF Journal, 1(2), 35–42.

Purwanti, R., Rizkieya, R., & Mujiyat, M. (2024). Learning Management In The Development Fine Motor Aspect And Children’s Independence. E-CHIEF Journal, 4(2), 27–37.

Purwanti, R., Suriansyah, A., Bachri, A. A., & Mujiyat, M. (2025). Case Study: Values and Beliefs of Excellence-Based Quality Leadership in a Junior High School. 2nd International Conference on Environmental Learning Educational Technologies (ICELET 2024), 155–165.

Purwanti, R., Suriansyah, A., & Rafianti, W. R. (2021). Parents’ Assistance In Instilling Independence Character in Learning from Home During The Covid-19 Pandemic. JPPM (Jurnal Pendidikan Dan Pemberdayaan Masyarakat), 8(2), 203–211.

Purwanti, R., Suriansyah, A., & Rahmiyani, I. (2024). The correlation of work commitment, school principal supervision and teacher performance in kindergartens in liang anggang district. International Journal Education, School Management And Administration, 1(1), 27–35.

Ramadina, N., & Cinantya, C. (2022). Mengembangkan Aktivitas Dan Motorik Halus Anak Kelompok a Dalam Membuat Garis Sesuai Pola Melalui Model Coklat Di Tk Aba 1 Pagatan. Jurnal Inovasi, Kreatifitas Anak Usia Dini (JIKAD), 2(1), 20–32.

Reza, A. R. N., & Hananik, I. (2022). Mengembangkan Kemampuan Motorik Halus Menggunakan Model Demonstration Dan Metode Pemberian Tugas Di Kelompok A Ra Muslimat Nu Pasayangan Martapura. Jurnal Inovasi, Kreatifitas Anak Usia Dini (JIKAD), 2(1), 10–19.

Rijkiyani, R. P., Syarifuddin, S., & Mauizdati, N. (2022). Peran orang tua dalam mengembangkan potensi anak pada masa golden age. Jurnal Basicedu, 6(3), 4905–4912.

Rozalena, R., & Kristiawan, M. (2017). Pengelolaan pembelajaran paud dalam mengembangkan potensi anak usia dini. JMKSP (Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, Dan Supervisi Pendidikan), 2(1), 76–86.

Sabila, W. S., & Wahyudi, M. D. (2023). Meningkatkan Kemampuan Mengungkapkan Bahasa Anak Melalui Storytelling Dan Demonstrasi Dengan Big Book. Jurnal Inovasi, Kreatifitas Anak Usia Dini (JIKAD), 3(1), 42–51.

Sakerani, S., & Nufus, H. (2021). Meningkatkan kemampuan mengenal bilangan melalui permainan dadu di kelompok bermain Paud terpadu Qathrun Nada Banjarmasin. JPPTK: Jurnal Pendidikan Pembelajaran & Penelitian Tindakan, 1(1), 57–71.

Shoimin, A. (2021). 68 model pembelajaran inovatif dalam kurikulum 2013.

Sunita, N. W., Mahendra, E., & Lesdyantari, E. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning terhadap Minat Belajar dan Hasil Belajar Matematika Peserta Didik. Widyadari: Jurnal Pendidikan, 20(1).

Wahyuni, R., & Sukmawati, S. (2020). Peningkatan Kemampuan Mengenal Angka melalui Media Papan Flanel Angka pada Anak Kelompok A di Tk Mentari Bulogading Kecamatan Bontonompo Kabupaten Gowa. Tematik, 6(1), 27–33.

Yunita, L., & Suryana, D. (2022). Pentingnya Pengembangan Kurikulum Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 12526–12532.

Yusuf, R. N., Al Khoeri, N. S. T. A., Herdiyanti, G. S., & Nuraeni, E. D. (2023). Urgensi pendidikan anak usia dini bagi tumbuh kembang anak. Plamboyan Edu, 1(1), 37–44.

Downloads

Published

2025-08-11

How to Cite

Fadilah, N. ., Purwanti, R. ., & Suriansyah, A. . (2025). Pengembangan Kemampuan Kognitif Dalam Mengklasifikasikan Benda Menggunakan Model Project Based Learning Berbantuan Papan Flannel. Ar-Raihanah: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 5(2), 204-219. https://doi.org/10.53398/arraihanah.v5i2.675