Pengaruh Permainan Pancing Huruf Terhadap Kemampuan Mengenal Huruf Abjad Anak Usia Dini

Authors

  • Kholilah Fatihatul Fuadah UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia
  • Aam Kurnia UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia
  • Zaenal Muftie UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.53398/arraihanah.v4i2.508

Keywords:

Alphabet Letters, Early Childhood, Educational Games, Fishing Letters, Learning Media

Abstract

This study aims to determine the effect of using the fishing letters game on the ability to recognize alphabet letters among early childhood students in Group A at RA Al-Muhajir. The type of research used is quantitative research. The subjects of the study were 24 children, while the object was the ability to recognize alphabet letters. Data collection techniques included observation and documentation, and data analysis was conducted using statistical tests to determine the effect. The results showed a significant influence between the use of the fishing letters game compared to the bussy book media in improving early childhood letter recognition skills. The conclusion of this study is that the fishing letters game is effective in significantly enhancing the ability to recognize alphabet letters in early childhood and can be used as an alternative, engaging, and enjoyable learning medium

References

Andini, A. N. (2022). Pengaruh media flashcard terhadap kemampuan mengenal huruf anak usia 5–6 tahun. Jurnal Penelitian Anak Usia Dini, 1(1), 1–11. https://doi.org/10.18860/jpaui.v1i1.1076

Ardini, P. P., & Lestariningrum, A. (2018). Definisi bermain, bermain & permainan anak usia dini. Adjie Media Nusantara.

Arianingsih. (2021). Bussy book media belajar yang menarik dan edukatif untuk anak usia dini.

Arikunto, S. (2010). Prosedur penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Haryani, M., & Qalbi, Z. (2021). Pemahaman guru PAUD tentang alat permainan edukatif (APE) di TK Pertiwi 1 Kota Bengkulu. Jurnal Educhild: Pendidikan dan Sosial, 10(1), 6. https://doi.org/10.33578/jpsbe.v10i1.7699

Hendro, T. R. W. (2021). Meningkatkan kemampuan anak kelompok A2 mengenal abjad melalui permainan memancing huruf di TK ABA III Ampel Kecamatan Wuluhan Kabupaten Jember tahun pelajaran 2016/2017 [Tesis, Universitas Jember]. Digital Repository Universitas Jember.

Ramadhani, N. (2023). Pendidikan anak usia dini. Global Eksekutif Teknologi. https://books.google.co.id/books?id=JnOvEAAAQBAJ

Lestari, S., & Putriani, L. (2018). Peningkatan kemampuan mengenal huruf melalui media pancingan huruf pada kelompok B-3 TK IT Izzudin Palembang semester 1. Tumbuh Kembang: Kajian Teori dan Pembelajaran PAUD, 5(2).

Fadlillah, M. (2019). Buku ajar bermain & permainan anak usia dini. Prenadamedia Group. https://books.google.co.id/books?id=fja2DwAAQBAJ

Ningrum, N. F., Nurlita, N., & Satria, D. (2023). Pengaruh media alphabet fishing terhadap kemampuan membaca anak usia 5–6 tahun di TK Mawar Putih Kecamatan Singingi Hilir Kabupaten Kuantan Singingi. Journal on Education, 6(1), 2254–2263. https://doi.org/10.31004/joe.v6i1.3104

Nurlan. (2019). Metodologi penelitian kuantitatif.

Okprina, R. D. (2019). Pengaruh permainan memancing simbol huruf terhadap kemampuan kognitif anak kelompok A di TK DWP Randuagung Gresik. Jurnal Pendidikan Anak, 8, 1–5.

Pemendikbud. (2014). Permendikbud No.137 Tahun 2014 tentang Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini, 1–31.

Rahmadi. (2011). Pengantar metodologi penelitian. Antasari Press. https://idr.uin-antasari.ac.id/10670/1/PENGANTAR%20METODOLOGI%20PENELITIAN.pdf

Rasi, K. O. (2016). Pengembangan media permainan Pahuhoka (Pancing Huruf dan Kata) untuk pengenalan huruf dan kata pada anak ADHD kelas I SD.

Cahyani, R. P. (2020). Pengaruh permainan memancing huruf terhadap kemampuan mengenal abjad.

ReviMulia, dkk. (n.d.). Aktivitas permainan memancing kartu huruf meningkatkan kemampuan mengenal simbol huruf anak usia dini.

Risnita, & Oktaviana, W. (2020). Asesmen kemampuan mengenal huruf anak usia dini melalui media bigbook. Potensia: Jurnal Kependidikan Islam, 5(2), 239. https://doi.org/10.24014/potensia.v5i2.6575

Salamah, U. (2022). Peningkatan kemampuan mengenal huruf melalui permainan pancing huruf (Panhuf) di kelompok B TK Negeri Kintelan Semarang. Jurnal Inovasi Pembelajaran di Sekolah, 3(2), 278–286. https://doi.org/10.51874/jips.v3i2.63

Saputra, A. (2019). Permainan edukatif untuk anak usia dini, 1(1).

Sugiyono. (2015). Metode penelitian. Alfabeta.

Sugiyono. (2017). Metode penelitian kuantitatif dan R&D. Alfabeta.

Sugiyono. (2019). Metodologi penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Sukowati, C. (2022). Mudah mengenal huruf melalui permainan pancing huruf.

Syamsuardi. (2012). Penggunaan alat permainan edukatif (APE) di Taman Kanak-Kanak PAUD Polewali Kecamatan Tanete Riattang Barat Kabupaten Bone. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(1), 59–67.

Tatminingsih, S. (2016). Hakikat anak usia dini. Perkembangan dan konsep dasar pengembangan anak usia dini, 1, 1–65.

Downloads

Published

2024-12-30

How to Cite

Fatihatul Fuadah, K., Kurnia, A. ., & Muftie, Z. . (2024). Pengaruh Permainan Pancing Huruf Terhadap Kemampuan Mengenal Huruf Abjad Anak Usia Dini. Ar-Raihanah: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 4(2), 91-99. https://doi.org/10.53398/arraihanah.v4i2.508